Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Aliran Rasa: Math

Jujur ketika awal mengerjakan tantangan 10 hari di game level 6 ini ada rasa malas. Jangankan mengerjakan tantangannya, baca panduannya alias obrolan di WAG yang berisi materi dan inspirasi pengerjaan game ini pun malas. Bahkan saya sampai mengajukan keinginan untuk cuti saja kepada Mbak Ika, fasilitator kelas kami. Sebenarnya untuk cuti pun sayang, karena kelas… Continue reading Aliran Rasa: Math

Advertisements
Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Math #10: Jump 123

Ruma masih batuk pilek, jadi kalau malam suka enggak nyenyak tidurnya. Pagi ini kami membawanya ke dokter. Ruma di-nebulizer untuk mengencerkan dahaknya. Sepulang dari dokter, mampir beli kue dulu. Pas mau pulang, ternyata di toko itu ada taman yang ada batu-batuannya gitu. Ruma lompat-lompat dan hitung batu deh. Sejenak lupa sama batuknya. Videonya gini nih.… Continue reading Math #10: Jump 123

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Math #9: Index & Mark

Ruma sedang flu dan batuk, jadi aktivitasnya kebanyakan hanya di tempat tidur sambil dibacakan buku. Nah, kebetulan kemarin ayahnya membelikannya index and mark bentuk binatang-binatang gitu.  Langsung deh itu pembatas ditempel di buku-buku miliknya. Ketika dibacakan buku juga minta dibacakan cuma sampai pembatasnya. "Bacainnya separo aja, Me. Sampe yang dibatesin." Lalu Ruma kembali memainkan pembatasnya. "Masih… Continue reading Math #9: Index & Mark

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Math #8: Pola & Ukuran

Dalam mengerjakan tantangan game level 6 ini saya lebih sering mengandalkan internet untuk browsing kegiatan matematika anak. Meski sebenarnya matematika itu sangat dekat dengan kehidupan kita sih. Kesannya enggak hands-on banget ya, harus pake printables, worksheet, etc. Seperti kegiatan kemarin di mana saya mengajak anak menebak pola dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran. Hasilnya adalah seperti ini. #GameLevel6 #Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP… Continue reading Math #8: Pola & Ukuran

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Math #7: Main Logico

Karena kecerdasan matematis-logis enggak melulu diasah dengan angka-angka saja melainkan logika juga, bermain sambil belajar menggunakan media ini paling juara deh. Sudahlah mamak enggak perlu susah-susah browsing cari ide main, mati gaya juga jarang dialami deh kalau udah main ini. Kecuali kalau anaknya udah capek, bosan, atau merasa kesulitan dengan level permainannya. Saya membeli Logico Primo ini… Continue reading Math #7: Main Logico

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Math #6: Seek & Find

Lagi-lagi math activity pakai buku-buku yang dimilikinya. Kali ini pakai Seek & Find Princess. Jadi tugas Ruma adalah mencari benda-benda yang disebutkan di buku itu, misalnya 7 topi, 4 pigura foto, 6 undangan, dsb. Nah sambil mencari, sambil menghitung juga kan, udah ketemu berapa barang-barang itu. Lewat game ini, selain belajar matematika dengan aktivitas counting, anak… Continue reading Math #6: Seek & Find

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional, Uncategorized

Math #5: Belajar Bentuk

Karena semalam Meme belum menyiapkan aktivitas apa pun untuk Ruma, jadi tadi malam hanya membacakan seri buku emosi yang baru saja datang siang harinya. Alhamdulillah, kebetulan di buku Ruma yang jenisnya lift the flap itu ada bentuk-bentuk geometri yang bisa dipelajari bersama anak, seperti segitiga, lingkaran, persegi, trapesium, oval, dsb. Jadi tadi malam kegiatan yang… Continue reading Math #5: Belajar Bentuk