kids

Bikin Tot-Tray Yuk!

Sudah lama ga ngepost disini. Sudah lama juga ga merencanakan main-main yang serius sama Ruma. Hzzzt, gimana sih? Katanya mau jadi ibu yang selalu mengisi hari anak? Kok jadi males-malesan gini? Hehe. Beberapa hari ini “sibuk” banget. Sibuk iseng-iseng handlettering, sibuk baca novel Tere Liye. Ampuuun, maafin Mememu ini, Nak. Insya Allah Meme bakal rajin lagi untuk selalu mengisi harimu dan sepenuhnya aktif bermain denganmu. Semoga dimudahkan Allah ya.

Nah, supaya kegiatan main-main sama anak bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana dan ga cuma diawang-awang, kita perlu sekali membuat jadwal bermain yang disesuaikan dengan aspek tumbuh kembang anak yang ingin dicapai. Jadi, membuat tot-tray yang saat ini happening banget di kalangan emak-emak pemerhati dunia anak is a must. Biar ga bingung juga emaknya. Biar eksis di sosmed .

Tot-tray adalah sebuah nampan berisikan alat dan bahan yang hari itu digunakan untuk berkegiatan bersama anak yang sudah diklasifikasikan menurut aspek tumbuh kembang anak. Bisa dibilang sesuai tema deh. Nah, apa saja sih aspek perkembangan anak yang ingin dicapai yang selanjutnya dituangkan dalam tot-tray?

  1. Motorik kasar dan halus
  2. Kognitif
  3. Psiko-sosial, emosi, kemandirian
  4. Bahasa
  5. Agama dan moral
  6. Seni

Contoh tot-tray adalah sebagai berikut.

Kamis, 17 Maret 2016. Tot-tray Ruma. Rencana main Ruma (baru rencana loh ini).

  1. Main badminton (motorik kasar), meronce (motorik halus)
  2. Matching colors (kognitif)
  3. Transfer with tweezer (kemandirian)
  4. Alphabet Garland (bahasa)
  5. Kisah Nabi Ibrahim (agama)
  6. Melukis (seni)

Nah, berhubung baru rencana, foto menyusul yah. Kalau foto contoh tot-tray ini saya ambil dari http://smarteparte.com/wp-content/uploads/2015/08/12-red-blue-tot-trays-activities1.jpg

12-red-blue-tot-trays-activities1

Hayuk, semangatlah main sama anak!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s