me, myself, I

Berdamai (2)

Judulnya sama ya, dengan postingan beberapa waktu yang lalu. Isinya hampir sama sih. Bedanya, yang kemarin murni kutipan dari buku dan penulis super keren, yang ini semacam “penafsiran” dari kutipan itu. Yang kemarin, ambil contoh “berdamai” dengan orang lain, memaafkan orang lain. Yang ini, “berdamai”nya dengan diri sendiri. Poinnya adalah menerima dan memaafkan diri sendiri yang penuh kekurangan.

Percayalah

Menerima diri seutuhnya akan membuatmu merasa terlahir kembali

Menerima, apa adanya

Tanpa pura-pura

Tanpa takut orang akan menganggap apa

Tanpa takut dihakimi

Menerima, tanpa prasangka

Sebaliknya, peliharalah prasangka baik pada Tuhanmu dan orang-orang di sekitarmu

Apalagi terhadap orang-orang yang kau cintai

Menerima, sepenuh syukur

Hidupmu akan dicukupkanNya

Maka, terimalah, akuilah, maafkanlah

Dirimu, dan orang-orang yang menyakitimu

Berdamailah

Catatan ini ditulis setelah saya menyadari bahwa selama ini banyak yang saya tutup-tutupi dengan kepura-puraan. Betapa saya tidak nyaman dengan diri dan kehidupan yang saya jalani. Betapa saya takut dengan anggapan orang terhadap saya. Betapa ingin saya mencitrakan diri dengan keadaan yang jauh berbeda dengan aslinya. Betapa saya iri dengan kehidupan orang lain yang jauh lebih menyenangkan di mata saya. Betapa saya mudah sedih, mudah terluka. Betapa diri ini sangat rawan, rentan, rapuh. Vulnerable. Betapa jauhnya saya dari rasa syukur. Betapa sudah lama saya mengalami borderline personality disorder. Ternyata setelah berdamai, semuanya jauh lebih indah.

Jazakillahu khayran seseorang yang telah menyadarkan saya. Seorang psikolog yang dekat dengan ilmuNya. Memberi masukan dengan pendekatan iman. Saya tak menampik jika yang terjadi pada saya ini karena kurangnya iman dan kedekatan diri pada Sang Maha. Saya berterima kasih telah disadarkan. Sungguh.

Leave a Reply

