Ketika Hari Itu Tiba

IMG_20170417_122537

Penggalan Surah At Takwir ayat 10 ini benar-benar bikin saya merinding ketika membacanya.

Membayangkan hiruk-pikuk suasana hari pembalasan kelak. Matahari digulung. Bintang-bintang berjatuhan. Gunung dihancurkan. Unta-unta yang hamil dibiarkan. Semua binatang liar dikumpulkan. Laut dipanaskan. Ruh bertemu dengan tubuh. Bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, atas sebab apa mereka dibunuh. Dan — ini belum puncaknya, saat saya terhenti membacanya, membayangkan ketika catatan amal manusia dibuka seluas-luasnya.

Mendadak saya merinding dan merasa ngeri.

Bagaimana bila itu kelak terjadi? Dan sungguh pasti terjadi.

Catatan amal manusia yang begitu detail dan teliti, hingga sekecil-kecilnya. Saya pun tak mampu lagi lari dan bersembunyi. Sememalukan apapun, semuanya dibuka dan tak akan mampu menghindar.

Semua perbuatan, yang bahkan sudah saya lupakan, mendadak muncul lagi di hari itu. Dipaparkan sejelas-jelasnya.

Prasangka buruk. Rasa tak enak. Dendam. Benci. Amarah. Iri dengki. Semua penyakit hati yang selama ini saya merasa aman karena tak ada orang lain yang mengetahuinya mendadak dihadapkan lagi dan sungguh saya tak bisa menolaknya. Mengklaim, “bukan, itu bukan diri saya.” Kenyataannya ya memang itulah saya.

Allah, mungkinkah saya bisa memiliki hati yang benar-benar bersih, sehingga kelak ketika catatan amal dibuka saya bisa puas karenanya, bukan malah malu dan ingin menghindar?

Harus bagaimana agar bisa mengikis segala bentuk penyakit yang merajai hati ini sehingga yang tercermin dalam amal seindah yang dirasakan hati?

 

Leave a Reply

