parenting, tips

Bingung Cari Pengganti Angpau Lebaran?

Hari Raya Idul Fitri selain identik dengan ketupat, opor, takbiran, mudik, juga kerap dikaitkan dengan salam tempel atau amplop berisi lembaran uang (baru) yang diberikan dari orang yang lebih tua kepada yang muda khususnya anak-anak.

Tradisi ini ada dampak positifnya, yakni menanamkan kebiasaan gemar berbagi dan bersedekah, namun juga mengandung dampak negatif berupa pengenalan uang yang terlalu dini pada anak dan memperkenalkan gaya hidup konsumerisme.

Tahun-tahun lalu saya sebagai orang tua juga memberikan beberapa angpau kepada para sepupu dan keponakan yang lebih kecil. Namun tahun ini setelah membaca tulisan Ibu Sarra Risman di sebuah grup parenting yang diasuh bersama keluarganya, saya pun mengamini dampak negatif pemberian angpau pada anak.

Bagi saya, pemberian angpau tersebut terkesan kurang bermanfaat karena seperti membuang-buang uang dan sifatnya hanya untuk wangun-wangunan saja. Semacam hanya ikut tradisi dan rasa tidak afdhal serta pekewuh kalau tidak bagi-bagi angpau.

Kembali ke tulisan Bu Sarra tadi, beliau menyebutkan alternatif pengganti angpau yang lebih pas dan bermanfaat untuk diberikan kepada anak-anak kecil. Di antaranya buku, pakaian dan celengan.

Wah, ide yang menarik tuh, terutama celengan. Anak-anak langsung bisa menabungkan angpau-angpau yang dimilikinya, sehingga tidak jadi konsumtif. Hal ini juga mengajarkan anak kebiasaan menabung. Semoga saja benar begitu ya. Jadi untuk tahun ini saya tidak bagi-bagi angpau lagi, melainkan celengan.

Ide memberi buku juga sangat bermanfaat karena diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak. Apalagi kalau pilihan bukunya memang cocok untuk anak yang bersangkutan.

Satu lagi, kita juga bisa memberi alat-alat tulis seperti notes kecil bergambar lucu, pensil atau penghapus dengan bentuk yang lucu, tempat alat tulis dengan gambar yang disukai anak. Insya Allah lebih bermanfaat bagi anak-anak, ketimbang memberi mereka “mentahan” yang kadang digunakan untuk membeli barang-barang yang kurang berguna.

Memang lebih ribet, karena harus mencari-cari barang yang tentunya tidak hanya ada di satu tempat, terutama jika jumlah anak yang diberi banyak. Namun mengingat peluang manfaatnya, tidak mengapalah. Mudah-mudahan anak-anak itu menjadi gemar menabung, gemar membaca dan gemar belajar, alih-alih gemar belanja.
Semoga ada manfaatnya, bagi teman-teman yang rencananya akan berbagi dengan kerabat-kerabat kecilnya.

Ditulis H-1 Idul Fitri 1438, dikembangkan dari posting-an Ibu Sarra Risman yang disebarkan di Whatsapp Grup

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s