NHW #7: Menuju Bunda Produktif

Mulai NHW #6 kemarin saya menuliskannya tidak dengan berpanjang ria. Bukan bosan sih, hanya ingin menjawab straight to the point saja, sekaligus menghemat waktu. Maklum NHW #6 lalu kan, tugasnya membuat jadwal harian dan saya “hanya” memasukkan jadwal menulis setengah jam dalam aktivitas harian saya. Wow mana bisa? Secara saya kalau menulis luamaaaa sekali.

Kali ini materi terkait Bunda Produktif. Tugasnya adalah (1) mengecek bakat-bakat apa saja yang kita miliki via temubakat.com, (2) mengamati hasil tes bakat tersebut dan konfirmasi ulang dengan apa yang kita rasakan selama ini, (3) melampirkan hasil ST30 tersebut dan (4) membuat kuadran aktivitas dengan kategori suka – tidak suka dan bisa – tidak bisa.

Oke, let’s check it out.

(1) dan (3) Tes bakat di temubakat.com dan inilah hasil ST30 saya.

(2) Potensi kekuatan: analyst, arranger, creator, journalist dan server.

Hasil tes, menurut saya, yang sesuai dengan diri saya, kok hanya analyst, journalist dan server ya, mengingat saya suka menghitung (uang) hihihi, menulis termasuk menulis diary plus jurnal harian dan suka mengutamakan kepentingan orang lain (ini seperti ibu saya). Untuk arranger dan creator kok saya tidak melihat kesesuaian ya, soalnya saya tidak suka mengatur orang dan tidak kreatif. Entah kok di hasil bisa muncul seperti itu, bahkan beberapa tes yang saya lakukan, hasilnya selalu muncul arranger dan creator.

(4) Kuadran aktivitas

  1. Suka dan Bisa: membaca buku, menulis, mencatat, membuat jurnal harian, menyetrika pakaian
  2. Suka dan Tidak Bisa: membuat DIY mainan anak, handlettering, menjahit, mencari ide kreatif permainan anak, desain grafis
  3. Tidak Suka dan Bisa: memasak masakan sehari-hari, mencuci piring, membersihkan lantai dan kamar mandi
  4. Tidak Suka dan Tidak Bisa: merajut, membuat kue, beberes rumah, fotografi

Lalu kelanjutannya bagaimana ya? Mungkin akan terjawab di tugas berikutnya. Let’s see.

Leave a Reply

