NHW #8: Misi Hidup Spesifik dan Produktivitas

Tak terasa pekan ini matrikulasi IIP sudah masuk pekan ke-8, artinya sepekan lagi usai sudah kelas matrikulasi yang membawa banyak perubahan positif dalam kehidupan saya ini. Saya berharap tidak hanya bisa lulus dalam kuliah ini, namun juga bisa lulus dalam penerapan tugas-tugas yang diberikan dalam kuliah ini. Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, bahwa yang paling sulit bukan tahap mengerjakan NHW-nya, melainkan menerapkan apa yang sudah tertulis di NHW dalam keseharian.

Baiklah, daripada berpanjang ria, langsung saja ke NHW #8 dengan judul Misi Hidup Spesifik dan Produktivitas. Sebenarnya, apa ya misi hidup saya? Sampai detik ini saya belum tahu pasti, namun saya yakin bahwa saya dilahirkan untuk bisa berbuat yang terbaik bagi orang-orang terdekat saya, keluarga, juga orang-orang yang hidup di sekitar saya. Dan soal misi hidup ini erat kaitannya dengan produktivitas, yang mana produktivitas itu tidak selalu terkait dengan uang.

Ada satu kalimat yang menurut saya sangat patut digarisbawahi dari materi kuliah sesi 8 ini, yakni uang itu adalah hasil dari kesungguhan, BUKAN bersungguh-sungguh untuk mendapatkan uang. Sangat berbeda. Karena produktivitas tidak hanya dilihat dari sisi finansial, lebih dari itu produktivitas adalah meningkatnya kemuliaan kita karena aktivitas yang kita lakukan. Bisa dibilang, produktif adalah manfaat yang semakin banyak dari diri kita.

Dalam NHW #ini ada 3 pertanyaan besar yang harus dijawab. Tentunya, tugas kali ini masih terkait dengan tugas-tugas sebelumnya.

(1) Aktivitas yang SUKA dan BISA

Dari NHW #7 lalu, saya memilih membaca dan menulis sebagai aktivitas yang akan menunjang misi hidup dan produktivitas saya.

(2) BE, DO dan HAVE

  • BE: Istri shalihah, ummul madrasah, ibu rumah tangga profesional, penulis
  • DO: Membersamai anak 24/7, menulis satu tulisan setiap hari
  • HAVE: Blog yang bermanfaat sekaligus “menghasilkan” paling tidak untuk membantu keuangan keluarga, buku hasil tulisan sendiri, perpustakaan/rumah baca gratis

(3) Target yang ingin dicapai

  • Lifetime purpose : ingin menyebarkan manfaat dari tulisan dan perpustakaan/rumah baca yang dimiliki
  • Strategic planning : ingin dikenal sebagai penulis produktif, sehingga saat ini harus konsisten menulis di blog dan mengirimkan tulisan
  • One year resolution : menulis satu tulisan setiap hari

Baiklah cukup sekian dari saya terkait pengerjaan NHW kali ini. Semoga Allah memudahkan saya meraihnya. Aamiin.

 

Leave a Reply

