Cita-citaku Penulis

Gambar dari Pinterest

Jujur saja, membaca judul di atas saya agak merinding dan ragu, apa bisa meraih cita-cita itu sebelum maut menjemput? Tunggu tunggu. Penulis apa dulu nih? Kalau penulis buku, penulis di blog yang dikomersilkan, ya mungkin belum. Tapi kalau penulis diary dan penulis blog yang memang difungsikan sebagai dokumentasi pribadi, wah saya sudah memulainya belasan tahun lalu.

Saya menyadari bahwa saya suka menulis ketika duduk di bangku SD. Dulu setiap ujian caturwulan dan kenaikan kelas pelajaran Bahasa Indonesia, pada bagian terakhir para siswa selalu disuruh mengarang atau membuat cerita. Tema sudah disediakan, atau kadang kami disuruh menceritakan beberapa buah gambar menjadi satu cerita. Nah bagian mengarang ini pasti selalu saya kerjakan terlebih dahulu. Entah kenapa saya suka membuat cerita, mungkin karena tulisan tangan saya bagus ya hehe.

Masuk SMP, karena termasuk orang yang introvert, pendiam dan jarang bisa curhat dengan teman yang klik banget, sahabat terbaik saya adalah diary yang menjadi sasaran kegalauan saya di masa itu, isinya tentang pertemanan, persahabatan dan kegalauan karena tak kunjung punya pacar (ya ampun, kaya gitu aja digalauin) .

Ketika SMA, kelas 3 tepatnya, saya dipertemukan dengan guru Bahasa Indonesia yang setiap awal memulai pelajaran, selalu mewajibkan murid-murid membuat tulisan dengan tema yang ditentukan. Karena waktunya mepet, maksimal 5-10 menit kalau ngga salah, tulisannya tidak perlu panjang-panjang, bahkan satu paragraf pun boleh. Sepertinya Pak Guru hanya ingin membuat murid-murid akrab dengan kegiatan tulis-menulis, dan saya sukaaa sekali dengan tugas itu.

Meskipun begitu, saya tetap paling suka menulis buku harian, yang isinya yaa gitu deh. Saking malu-maluinnya sudah saya buang itu kumpulan buku diary sejak zaman SD sampai SMA.

Masa kuliah awal saya sudah ingin sekali menjadi penulis, sehingga beberapa kali pernah mengirimkan tulisan ke surat kabar. Namun sayang tak satupun dimuat. Saya juga sempat pernah meminta salah satu teman mengomentari tulisan saya, dan kata dia tulisannya masih terlalu subjektif jadi wajar lah kalau belum dimuat.

Oh iya, di masa ini saya juga sempat punya keinginan menjadi penulis ngocol seperti Raditya Dika yang sering mengabadikan kejadian konyol yang dialaminya ke dalam tulisan. Kata teman saya, saya cocok juga menulis hal-hal seperti itu karena sering juga mengalami hal konyol. Tapi ternyata susah bro, menulis hal-hal lucu. Karena kadang cerita lucu kalau ditulis jadi kurang lucu, bahkan ngga lucu sama sekali. Tampaknya saya ngga punya skill ngelawak lewat tulisan. Dan ini malah saya syukuri, soalnya saya ngga mau ah dikenal karena kekonyolan. Ntar malah buka aib lagi. Iya, saya anaknya jaiman sekarang.

Memasuki akhir masa kuliah, saya mengganti buku bacaan yang biasa dibaca. Kalau dulu kebanyakan baca Lupus, Raditya Dika, novel-novel roman kini bacaannya non fiksi Islami, buku-buku motivasi dan self improvement sehingga mempengaruhi tulisan-tulisan saya selanjutnya. Akhir kuliah ini juga saya mulai ngeblog dengan tulisan-tulisan serius dan harapannya bisa bermanfaat sekaligus menginspirasi. Blog ini saya hidupkan kurang lebih selama 4 tahun, dari 2010-2014. Karena suatu hal saya mulai malas meng-update-nya lagi.

Dan, saat ini saya berusaha konsisten menulis lagi dengan blog yang ber-niche parenting dan family yang sedang teman-teman baca ini. Harapannya tulisan-tulisan di blog ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Syukur-syukur menginspirasi, karena saya inginnya hanya menulis hal-hal yang sekiranya ada manfaatnya bagi pembaca. Mudah-mudahan bisa begitu ya.

At least, jika saya terus produktif menulis hal-hal yang bermanfaat, cita-cita penulis yang saya jadikan judul di atas bisa tercapai. Meski masih menjadi sekedar penulis di blog pribadi.

Kalau teman-teman, sudah sampai mana nih perjalanan menulisnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s