10 Things Make Your Children Happy

Sebagai ibu yang kini masih bekerja di ranah publik, terkadang saya mengalami perasaan — agak gimanaa gitu, terhadap para ibu yang bisa membersamai putra-putrinya sepanjang hari. Saat para ibu itu mengunggah foto-foto bermain dan belajar mereka, saya merasa “duh, saya nih jarang banget bisa main sama anak, menstimulasi mereka dengan bermacam ide kreatif mainan DIY dsb.” Padahal sebenarnya, working mom yang tetap menginspirasi saat membersamai tumbuh kembang putra-putri mereka juga banyakkk, ada Mbak @uchywidya — identik dengan sebutan Ibu Kardus karena kegemarannya membuat mainan DIY dari kardus, Mbak @dyaanasta, yang tetap kreatif berkegiatan bersama anak di sela-sela kesibukannya bekerja, Mbak @diniswastiana yang meski bekerja di luar rumah, tetap menjadi rujukan masalah parenting dan deretan ibu-ibu lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Saat merasa powerless itu kalau sedang waras saya rencanakan juga ragam aktivitas yang ingin saya mainkan bersama Ruma, bahkan saya sempat membuat rencana harian yang berisikan tujuh kegiatan yang menstimulasi motorik kasar halus, kognitif, psikososial-emosi-kemandirian, agama, seni dan bahasanya. Ide membuat tot-tray juga sempat terfikir. Pokoknya habis-habisan lah gimana caranya Ruma bisa terstimulasi.

Namun saat semangat mengendur, yang ada tidak beraktivitas sama sekali, bahkan kadang saya tertidur sebelum Ruma tidur. Kadang Ruma juga pinjam HP saya untuk nonton rekaman-rekaman dirinya sendiri, bahkan buka Playstore untuk mencari games. Hiks.

Ah, sudahlah lupakan episode muram saat tak bersemangat membersamai anak. Beberapa hari lalu saya menemukan list ini di sebuah grup WhatsApp. Insya Allah lebih simpel dibanding mencari-cari ide kegiatan bersama anak 😛

Semoga 10 hal ini cukup mudah ya, untuk dilakukan oleh para ibu, khususnya ibu bekerja yang sering merasa tak punya waktu (juga tenaga) dalam mengisi hari-hari anak. Insya Allah meski simpel, anak tetap bahagia.

Gambar dari Pinterest

Apa saja sih 10 hal yang bisa kita lakukan untuk membuat anak ceria dan bahagia?

1) Membacakan buku untuk anak

Ini bisa banget dilakukan WM sebelum anak tidur. Tak perlu banyak-banyak, one day one book saja cukup untuk mengesankan pada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Plusnya, hal ini akan semakin mendekatkan hubungan ibu dan anak.

2) Menceritakan kisah sebelum tidur

Mirip dengan membacakan buku, efek kisah akan lebih kuat pengaruhnya pada jiwa anak. Kisahkan pada mereka tentang rasul dan orang-orang shalih, insya Allah mereka akan meneladaninya. Cukup satu hari satu kisah, untuk mengisi jiwa mereka.

3) Ngobrol seru bersama

Hal ini juga bisa dilakukan saat sebelum tidur. Minta mereka menceritakan harinya. Selanjutnya baru kita ceritakan keseharian kita. Untuk anak yang sudah sekolah, tak perlu kita tanyakan berapa nilai ulangannya, PRnya apa. Ngobrol santai saja sebaiknya.

4) Dengarkan sungguh-sungguh saat anak bercerita pada kita

Saat anak menceritakan harinya, berikan perhatian penuh. Tatap bola matanya, jauhkan gadget dan televisi. Terkait hal ini, baiknya kita menerapkan 18-21 yang digagas Abah Ihsan yang meng-off-kan seluruh piranti elektronik, untuk diganti dengan kegiatan ngobrol, bermain dan belajar bersama. Waktu ideal bagi ibu bekerja bukan, untuk bercanda bercengkrama bersama anak-anak.

5) Bermain dan bergerak bersama sampai berkeringat

Yang ini juga simpel. Tak perlu ubek-ubek Pinterest untuk menemukan ide main. Ingat-ingatlah permainan fisik saat kita kecil dulu di mana kita sangat happy memainkannya, ada petak umpet, kejar-kejaran alias cendhak dhodhok/cendhak patung, gobag sodor, etc. Kalau weekend kita bisa berolahraga bersama : renang, bersepeda. Selain meningkatkan bonding juga bisa membakar kalori 🙂

6) Memasak dan membuat masakan kesukaan anak bersama

Kita tiap hari memasak bukan, meski WM? Kalau iya, libatkan mereka dalam aktivitas rutin ini. Anak yang sering diajak ke dapur insya Allah tidak akan gagap dapur jika harus memasak saat dewasa nanti. Jika ingin membuat makanan kesukaan anak, kita bisa menunggu weekend tiba.

7) Membuat craft bersama

Ini mungkin harus ubek-ubek Instagram atau Pinterest ya, tapi tidak apa kan? Demi anak. Tidak harus setiap hari kok untuk crafting, apalagi jika kita tidak suka crafting, seperti saya. Jadi tipsnya, carilah kreasi yang simpel, baik bahan-bahan maupun cara pembuatannya.

8) Menikmati alam, melakukan perjalanan bersama

Saya yakin hampir semua ibu suka piknik. Jadi tunggu apa lagi? Jika akhir pekan tiba, segeralah berekreasi menikmati keindahan alam. Jangan weekend-an di mal atau resto melulu. Alam akan sangat banyak memberi kita dan juga si kecil, inspirasi yang kaya.

9) Memeluk dan mencium anak minimal satu kali sehari

Sudah bukan rahasia lagi, jika sentuhan fisik seperti pelukan dan kecupan lembut akan meningkatkan hormon oksitosin, pada kita dan anak. Efeknya apa lagi kalau bukan bahagia? Pelukan juga meningkatkan imunitas anak sehingga mereka tidak gampang sakit. Anak yang sering dipeluk ibunya juga akan tumbuh menjadi anak yang penuh empati dan kasih sayang.

10) Bernyanyi, tersenyum, bercanda dan tertawa bersama

Simpel sekali ini. Cukup senyum, bercanda dan tertawa. Tapi kalau suasana hati sedang nggak baik, melakukan tiga hal itupun sulit. Padahal hanya dengan senyuman kita saja, anak sudah bahagia. Jadi perlu sekali kita me-manage emosi saat sedang membersamai anak. Anak itu mudah sekali tertawa lho, jadi usahakan kita seceria itu juga saat bersamanya.

Bagaimana, cukup mudah bukan melakoninya? Hal itu karena pada dasarnya anak-anak itu mudah dibahagiakan. Kitanya saja yang kadang mempersulit diri, atau kadang terlalu abai terhadap kebutuhan emosi anak. Meski begitu, di benua lain sana, berdasarkan survey dari Urban Child, hanya 20% orang tua yang masih dan mampu melakukan kesepuluh hal di atas. Semoga kita tidak demikian ya.

— terinspirasi dari posting-an Ninin Kholida, psikolog sekaligus praktisi pendidikan anak di WhatsApp group

Advertisements

4 thoughts on “10 Things Make Your Children Happy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s