Cantik Tak Harus Mahal

Bagi perempuan yang sudah menjadi ibu, merawat kecantikan sama pentingnya dengan merawat buah hati yang telah Allah anugerahkan. Keduanya titipan yang kalau tidak dijaga dengan baik, akan membuat kita kelimpungan. Lalu ada yang protes, emang situ cantik? Pede banget bilang merawat kecantikan. Nah, justru saya menyadari bahwa penampakan saya ini biasa saja, maka perlu banget merawat kesehatan kulit wajah dan badan. Lagipula, perempuan yang sudah cantik dari sononya saja kalau kulitnya nggak dirawat kecantikannya akan luntur. Apalagi saya kan?

Kalau ada yang bilang, setelah jadi ibu, perempuan itu tidak harus merawat diri, toh sudah laku, sudah ada yang mau, sudah punya anak pula, wajarlah kalau muka kusam, badan melar, kulit busik, rambut berantakan, huhuu SALAH BESAR. Justru karena sudah punya suami dan anak itu, ada mata-mata setiap hari harus kita jaga dari pemandangan mengerikan. Nanti kalau ujug-ujug suami digondol sama mbak-mbak abege ranum cantik mewangi sepanjang hari malah kita yang nangis-nangis. Padahal salah kita sendiri kan, siapa suruh setelah punya suami jadi menomorsekiankan penampilan dan perawatan diri?

Nah, kalau ibu-ibu ingin punya wajah bersih, awet muda, badan ramping, kulit halus tak bersisik, supaya suami juga ngga bosan-bosan memandang dan mengajak ngobrol, kitanya yang harus rajin merawat diri. Perawatan dirinya juga yang nggak gimana-gimana banget kayak artis-artis itu kok, biasa saja malah hampir semua bisa dilakukan di rumah. Yang tentunya bikin anak dan suami senang, karena walaupun merawat diri, kita tidak lantas menelantarkan anak atau menguras dompet suami terlalu banyak.

Rahasia Perawatan Diri Simpel ala Saya

  1. Mandi minimal 2 kali sehari

Kelihatannya super simpel, tapi kenapa harus masuk list? Mandi bagi ibu-ibu (apalagi yang anaknya banyak dan nggak ada ART yang membantu handle kerjaan rumah) adalah suatu kemewahan. Bahkan ada lho, ibu yang setelah punya anak nggak sempat mandi atau mandinya dirapel di tengah hari saat anak-anaknya sudah bobo. Nah, kalau ingin jadi bunda yang tetap kece, kita harus banget mandi 2 kali sehari.

  1. Cuci rambut minimal 2 hari sekali

Bu, aneka rupa kerjaan rumah yang nggak ada habisnya itu potensial bikin kita banjir keringat, setuju nggak? Dan kalau keringetan, tentu bau-bauan nggak sedap akan segera menguar dari tubuh kita. Oke, kita memang sudah mandi dua kali sehari. Tapi, kalau nggak pernah keramas? Hiii, bau-bau nggak jelas itu tetap akan mengganggu siapapun yang berada di dekat kita. Jadi kalau bisa, tetap rajin cuci rambut plus pakai kondisioner ya. Supaya rambut tetap wangi dan lembut. Masa yang rambutnya wangi dan lembut cuma si bayi sih? Sangat disarankan juga untuk rutin creambath sebulan sekali. Lah, kalau ane krimbat anak siape yang ngejagain? Tenang, krimbatnya bisa di rumah, atau kalau kurang mantep, ya tukeran peran sesekali sama pak suami, nggak dosa kok, biar beliau ngejagain anak sementara kita ke salon sebentaran.

  1. Gunakan body lotion setelah mandi

Kalau ini fungsinya bikin kulit tubuh kita tetap lembut dan nggak bersisik. Dih, dulu saja pas masih gadis, rajin amat pakai losyenan kemanapun pergi, masa sekarang nggak sempat barang sekali sehari aja? Kasian kulitnya, kalau nanti busik.

  1. Luluran minimal sepekan sekali

Yang ini juga perlu untuk menyeimbangkan penggunaan body lotion rutin yang kita gunakan. Tahu kan, kalau lotion itu meskipun bikin kulit lembut tapi juga sekaligus bikin kulit jadi kotor. Berdaki gitu deh. Nah, ini kalau nggak rajin dibersihkan dengan luluran, bisa-bisa kulit tubuh kita yang tadinya putih, atau kuning, atau sawo matang, jadi berubah warna. Nggak mau kan?

  1. Rawat muka sesuai jenis kulit

Nggak perlu lirak-lirik klinik kecantikan yang membayangkan tarifnya sudah bikin keder duluan, cukup pakai aneka produk kecantikan ekonomis yang sesuai jenis kulit saja sudah cukup untuk memelihara kecantikan kita. Selalu rutinkan membersihkan muka dengan cleanser sebelum mandi atau setelah beraktivitas di luar rumah, gunakan facial wash saat mandi, lalu segarkan dengan toner. Kalau budget cukup alangkah baiknya jika dilengkapi dengan serum, pelembap dan krim malam. Tenang saja, kalau mau ngirit, tetap bisa pakai produk lokal kok. Khasiatnya nggak jauh beda dengan skincare jutaan yang fenomenal itu.

  1. Atur pola makan dan berolah raga

You are what you eat. Yang penting dalam poin atur pola makan ini sesuai yang diajarkan Rasul saja, makanlah ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Perbanyak buah, sayur dan air putih. Selain menyehatkan, ada bonus lain yang bikin kulit kita awet muda. Mau kan? Jangan lupa juga untuk rutin berolah raga. Oh ya, olah raga dengan mengerjakan pekerjaan rumah sudah cukup kok untuk menjaga berat badan. Asal nggak ngemil kebangetans aja. Namun lebih baik jika olah raga di sini benar-benar physical exercise seperti jogging, berenang, senam dan teman-temannya.

  1. Pilah-pilih pakaian rumah

Wajah bersih, rambut wangi, badan terawat dan sehat, tapi kok penampilannya masih terlihat kucel ya? Apanya yang salah? Nah loh, itu daster udah bolong-bolong gitu kok masih dipakai? Heheheh. Banyak ibu yang menganggap daster adalah pakaian kebanggaan dan memang sudah seharusnya emak-emak itu ya berdaster (bahkan sampai ada challenge-nya lho). Lho, jadi semua ini salah daster? Nggak juga sih. Kalau dasternya itu baru, kinyis-kinyis, berwarna-warni soft yang menyejukkan siapapun yang melihatnya, nggak kedodoran, itu mah nggak apa-apa banget dipakai buat baju kebanggan di rumah. Tapi kadang kita beranggapan semakin pudar warna daster, semakin tipis bahannya, semakin besar ukurannya, semakin nyaman dipakainya. Makainya memang nyaman ya, tapi yang lihat, belum tentu. Jadi biar hari-hari kita lebih cerah saat di rumah, baiknya ganti kostum rumahan dengan kostum yang lebih indah dipandang. Nggak harus daster, kita bisa pakai baju-baju lucu yang biasa dipakai orang-orang keluar rumah. Ingat ya, kita ini harus wajib banget berpenampilan menarik saat di rumah. Bukan sebaliknya. Tentunya baju yang kita pakai ini juga harus bersih, rapi dan tersetrika. Haha langsung lemes inget setrikaan segunung.

  1. Jangan lupa bahagia

Kenapa ini tips malah ditaruh belakangan ya? Biasa, save the best for the last. Tips yang simpel namun susah banget diterapinnya ya. Nggak ada guna semua tips-tips di atas kalau kita melakukannya dengan hati yang kurang bahagia. Alias penuh tekanan. Bahkan kadang bahagia aja sudah cukup untuk membuat inner beauty memancar dari diri kita. Nah, oleh karena itu wajib bagi kita untuk menghempaskan semua penyakit yang menggerogoti hati, kayak iri dengki, negative thinking, suka ngomongin kejelekan orang, endebre endebre pokoknya yang bikin hati nggak sehat dan serasa diiris sembilu deh. Apapuuun yang terjadi dalam hidup kita, entah itu suami nyebelin, anak bikin ulah, tetangga gosipin kita di belakang, apaa aja, lemesin aja shaaay!

1502075302646
Gambar dari Pinterest, quote dari Google

Nggak terasa sudah delapan tips saya beberkan. Tentu ibu-ibu juga punya resep cantik lain yang nggak kalah manjur dong. Boleh banget berbagi di sini ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s