zero waste living

Habits Baru Kelola Sampah

Semoga nggak bosan ya teman- teman, kok saya di blog ini ngomongin #belajarzerowaste mulu. Bukannya sengaja bikin teman-teman jadi overwhelmed, bosan atau bahkan eneg lho ya. Bukan pula untuk gaya-gayaan, karena sejatinya proses #belajarzerowaste sama sekali bukan sekedar gaya. Memang sih ada harapan akan ada semakin banyak orang yang tahu, paham dan praktik bareng, demi… Continue reading Habits Baru Kelola Sampah

Advertisements
zero waste living

Nature Cleanser

Satu ilmu baru yang saya dapat lagi dari kelas #belajarzerowaste yang diampu oleh Bu DK Wardhani adalah bahwa kita bisa membuat sendiri bahan-bahan pembersih skala rumah tangga, seperti sabun, sabun cuci piring, pembersih lantai, pembersih kamar mandi, pembersih kaca, dll. Bahan-bahan pembuatan bahan pembersih itu ada di sekitar kita yang tentunya lebih alami dan tidak… Continue reading Nature Cleanser

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Cerdas Finansial #10: Orangtua dan Kakek-Nenek

Sudah bukan rahasia lagi kalau kakek-nenek itu lebih "toleran" dan terkesan memanjakan cucu dibandingkan kedua orangtuanya. Sama juga, orangtua saya juga seperti itu. Rasanya setiap keinginan cucu hampir selalu dituruti. Alasannya nggak tega. Selain itu, orangtua saya juga merasa mampu memenuhi keinginan cucunya itu. Memang sih, barang yang dibelikan adalah benda-benda kecil yang cukup "terjangkau."… Continue reading Cerdas Finansial #10: Orangtua dan Kakek-Nenek

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Cerdas Finansial #9: Bosan Mainan

Kadang ada rasa gondok, saat anak mendadak sudah bosan dengan mainan yang dulu dimintanya secara memaksa. Seperti saat ini, Ruma sudah bosan dengan mini cupcake surprise doll yang dulu diminta sampai tantrum. Hehehe. Mungkin karena ada mainan baru yang lebih menarik. Dan pastinya lagi, godaan terberat adalah gadget. Mungkin karena Meme sibuk di rumah ngerjain… Continue reading Cerdas Finansial #9: Bosan Mainan

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Cerdas Finansial #8: Buku Kas

Kali ini cerita tentang Meme ya. Soalnya tentang Ruma udah agak bingung nih hehehe. Masih PR ngajarin nabung, ngajarin gimana pengalokasian uang-uang yang dimilikinya, huhu beraaat. Kalau Meme sih sebenarnya bukan termasuk buibu yang doyan belanja plus konsumtif haha sombong. Apalagi sejak kenal IIP yang mana jadi ibu itu juga harus cerdas finansial. Jadi urusan bikin… Continue reading Cerdas Finansial #8: Buku Kas

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Cerdas Finansial #7: Merawat Mainan

Jadi dari hasil angpao lebaran tahun lalu, sebagian dibelikan mainan incaran Ruma pada tahun ini. Harganya memang cukup mahal ya, karena itu Meme dan Pepe selalu pesan sama Ruma untuk merawat mainannya agar awet. Sebenarnya semua barang yang kita beli juga harus dirawat agar awet sih, nggak cuma mainan yang agak pricy aja. Tapi kadang… Continue reading Cerdas Finansial #7: Merawat Mainan

Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Cerdas Finansial #6: Menunda Keinginan

Ini cerita di hari-hari akhir bulan Ramadan lalu. Jadi setelah buka puasa bersama, kami mampir ke sebuah minimarket untuk membeli beberapa toiletries yang kebetulan habis. Saat Meme sedang memilih-milih sabun mandi, Ruma tiba-tiba menunjuk ke sebuah rak mainan. Di sana ternyata ada mainan-mainan kecil seperti bonus permen cokelat K** J**, playdoh, mini cooking set, mini… Continue reading Cerdas Finansial #6: Menunda Keinginan